Latest News

Dimensi Spiritual




Dimensi Spiritual
Fitriani, S.Pd
15709251067
PPs Prodi Pendidikan Matematika A 2015

Assalmualaikum wr.Wb
Pada pertemuan ke-7 Perkuliahan Filsafat Ilmu dengan dosen pengampu Prof. Dr. Marsigit, M.A. di  hari Selasa tanggal 27 Oktober 2015 pukul 11.10 s.d. 12.50 di ruang 305B Gudung lama Pascasarjana. Sama halnya dengan pertemuan sebelumnya Beliau memulai pertemuannya dengan berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Kemudian dilanjutkan dengan tes jawab singkat dengan topik “Dimensi Spiritual adapun bentuk-bentuk dari pertanyaan Beliau seperti berikut:

Dalam struktur filsafat terdapat 4 tingkatan yaitu material, normatif, formaltif, dan spiritual. Struktur yang paling bawah adalah material dan struktur yang paling atas adalah Spiritual. Berkaitan denga Spiritual adalah tentang hakekat dari ketuhanan yang merupakan puncak berpikirnya manusia yang tak mampu dipikirkannya hanya dapat di yakini sehingga diturunkan ke hati.

Spiritualnya Material          adalah Ciptaan Tuhan, Materialnya Spiritual adalah Perangkat Ibadah, Spiritualnya Formal adalah Doa, Formalnya Spiritual adalah Ritual, Spiritualnya Normatif adalah Logika Tuhan, Normatifnya Spiritual adalah Ilmu, Spiritualnya Wadah adalah Ciptaan Tuhan, Wadahnya Spiritual adalah Agama, Spiritualnya isi adalah Ciptaan Tuhan, Isinya Spirituan        adalah Kuasa Tuhan, Normatifnya Material adalah Ilmu Pengetahuan, Materialnya Normatif adalah museum, Normatifnya formal adalah Ilmu hukum, Formalnya normatif adalah perayaan, Psikologinya Material adalah Gejala Material, Materialnya Psikologi adalah Tindakan Psikologi, Spiritualnya Logika adalah Logika Tuhan, Logikanya Spiritual adalah Kajian Spiritual, Spiritualnya Pengalaman adalah Kehendak Tuhan, Pengalamannya Spiritual adalah Ibadah, Spiritualnya Konsisten adalah Ketetapan Tuhan, Konsistennya Spiritual adalah Istiqomah, Spiritualnya Analitis adalah Tuhan Maha Konsisten, Analitisnya Spiritual adalah Kuasa Tuhan, Spiritualnya A priori adalah Berfikir untuk beribadah, A priorinya Spiritual adalah Keyakinan, Spiritualnya Sintesis adalah Kehendak Tuhan, Sintesisnya Spiritual      adalah Surga, Spriritualnya Identitas adalah Monisme, Identitasnya Spiritual adalah Esa, Spiritualnya Kontradiks adalah Kuasa Tuhan, Kontradiksinya Spiritual adalah Ciptaan Tuhan, Normatifnya Analitis adalah Metakognisi, Analitisnya Normatif adalah Normatif, Normatifnya A priori   adalah Metakognisi, A priorinya Normatif adalah A priori, Normatifnya Sintetis adalah Sebab Akibat, Sintetisnya Normatif adalah Sintetik, Spritualnya A Posteriori adalah Keagungan Tuhan, A Posteriorinya Spiritual adalah Ibadahnya Anak Kecil, Spiritualnya Transenden adalah Kuasa Tuhan, Transendenya Spiritual adalah Petunjuk Tuhan, A posteriorinya Analitis        adalah Pengalaman, Analitisnya A Posteriori adalah Posteriori, Normatifnya Analitis adalah Logika Para Dewa, Analitisnya Normatif adalah Normatif, Formatifnya  Transenden adalah Pertunjukan Wayang, Transendenya Formatif adalah Ketentuan Para Dewa, Transendenya Khayalan adalah Ridho Tuhan, Transendenya Spiritual adalah Cerpen Spiritual.

Astagfirullah.....sungguh pertanyaan yang membuat kita menjadi “wah ternyata itu yah jawabannya”. Mudah tapi susah atau lebih tepat lagi membingungkan saya ketika menjawab tes tersebut. Sungguh teguran bahwa “di atas langit masih ada langit” ternyata ilmu kita masih perlu ditingkatkan dengan membaca. Dengan membaca akan menambat totalitas diri dengan BAHASA sebagai wadah untuk menggapai kesuksesan dalam Berlogika Filsafat.
Wassalamualaikum Wr.Wb

0 Response to "Dimensi Spiritual"